Terngepop

Jumat, 06 Februari 2009

Di Sisi Mana kah Anda Seharusnya Berjalan?

Selama ini jika anda berjalan kaki atau mungkin sedang jogging melewati pinggir jalan raya, Anda berjalan di sebelah mana?

Di sebelah kiri jalan atau di sebelah kanan jalan?

Sebagian besar orang pasti menjawab di sebelah kiri, padahal yang benar seharusnya di sebelah kanan. Bingung kan?

Nah, mari kita logiskan. Kita ilustrasikan sekarang Anda berada di sebuah ruas jalan yang membentang dari arah utara ke arah selatan, Anda hendak berjalan ke arah selatan. Di lajur kiri kendaraan menuju selatan, sedangkan di lajur kanan kendaraan menuju ke utara. Jika Anda berjalan di sebelah kiri, berarti Anda berjalan searah dengan arah kendaraan. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya itu berbahaya? Mengapa?

Pertama yang jelas Anda tidak punya spion yang bisa mengawasi belakang Anda. Kedua, jawaban yang lebih logis, karena reflek manusia lebih baik bila mengantisipasi sesuatu yang datangnya dari depan bukan dari belakang. Bayangkan jika tiba-tiba ada mobil yang remnya blong dan menerabas ke trotoar tempat Anda berjalan. Jika mobil itu datangnya dari depan, secara visual sudah pasti akan terlihat dan Anda bisa segera bereaksi menghindar. Namun apabila datangnya dari belakang, bisa-bisa saat Anda menyadarinya mobil tersebut sudah tinggal 10 cm dari Anda. Dan...braaak!!! Tertabraklah Anda, karena sudah terlalu terlambat untuk menghindar.

Jadi mulai sekarang berjalanlah di sebelah kanan. Make sense, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar